Rutin Donor Darah? Selamat Anda Terhindar dari Penyakit Berbahaya ini

Spotberita.com - Aksi donor darah merupakan hal yang mulia karena dapat membantu menyelamatkan nyawa banyak orang. Ternyata mendonorkan darah tidak hanya bermanfaat untuk nyawa orang lain saja, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat yang didapat dari donor darah? Inilah beberapa manfaat dari berbagai setetes darah bagi sesama:

Hasil gambar untuk donor darah
Gambar Ilustrasi

1. Mencegah penyakit jantung

Mendonorkan darah ternyata mengurangi risiko serangan jantung dan stroke secara signifikan. Hal ini dapat terjadi karena zat besi oksidatif dihapus dari tubuh dan mengatur kualitas darah dalam tubuh.

Sementara penyebab penyakit jantung yaitu kekentalan darah yang tidak teratur. Hal ini disebabkan kandungan besi terlalu banyak di dalam darah, yang mengakibatkan kerusakan oksidatif yang berlebihan dan kerusakan pembuluh darah serta arteri.

2. Membakar kalori

Mungkin manfaat yang satu ini sedikit mengejutkan banyak orang. Pasalnya, satu kali mendonor darah kita sudah bisa membakar setidaknya 650 kalori. Hal ini lebih baik lagi dilakukan orang yang ingin menurunkan berat badan.

Meski begitu, bukan berarti harus dilakukan secara terus menerus. Sebelum mendonorkan darah juga harus diperiksa dan diharuskan memiliki hemoglobin dan zat besi yang sehat. Bersambung..>>> Baca Dihalaman Selanjutnya
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rutin Donor Darah? Selamat Anda Terhindar dari Penyakit Berbahaya ini"

Posting Komentar