Lebih Sejahtera Mana, Jadi PNS Atau Pegawai Swasta ?

Gaji

Gak perlu repot-repot nego gaji kalau jadi PNS, sebab ini sudah diatur di Peraturan Pemerintah RI Nomor 30 Tahun 2015 Tentang Perubahan ke-17 atas Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1977 Tentang Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Singkatnya, gaji terkecil PNS berkisar di nominal Rp 1,4 jutaan dan paling tinggi di Rp 5,6 jutaan. Dan wajib tahu juga lho kalau sampai 2018 tidak akan ada kenaikan gaji ya. Tapi ingat, itu baru gaji, kita belum bahas soal tunjangan ya.

Lalu bagaimana gajinya pegawai swasta? Yang pasti pegawai swasta gajinya tidak akan ada di bawah upah minimum rata-rata alias UMR yang saat ini sebesar Rp 3.355.750 untuk DKI Jakarta.


Besarnya gaji akan berpengaruh kepada pengalaman dan prestasi kerja Anda di perusahaan sebelumnya. Misalnya Anda sudah kerja tiga tahun dan menyumbang omzet ratusan juta ke perusahaan A. Sah-sah saja minta gaji dua digit ketika interview di perusahaan B.

Tunjangan

Tunjangan yang bisa didapat PNS jumlahnya beda-beda, dan tergantung pada instansi mana dia bergabung. Misalnya PNS Dirjen Pajak mendapat tunjangan sebesar Rp 5,6 juta per bulan untuk pegawai pangkat terendah. Sementara itu yang paling tinggi ada di angka Rp 117 juta. Sedangkan Kemenkeu Rp, 2,57 juta per bulan.

Lagi-lagi, aturan soal tunjangan juga sudah diatur di Peraturan Pemerintah. Jadi, tak perlu repot-repot mau nego tunjangan ya. Kalau mau yang tunjangannya tinggi, jadi PNS di Dirjen Pajak saja.

Lain halnya dengan perusahaan swasta. Masing-masing perusahaan swasta sudah punya perhitungan yang berbeda. Ada yang cuma dalam hitungan ratusan ribu, ada juga yang jutaan.

Atau ada juga yang memberikannya dalam bentuk lain, seperti asuransi atau kendaraan. Bila Anda memang ingin berkarier di perusahaan swasta, ada baiknya untuk menanyakan hal ini dengan detil ke pihak HRD, terutama nominalnya.

Setelah tahu berapa nominalnya, jumlahkan dengan gaji pokok. Dan lakukan perhitungan, kira-kira jumlahnya sudah cukup belum untuk pengeluaran bulanan.


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lebih Sejahtera Mana, Jadi PNS Atau Pegawai Swasta ?"

Posting Komentar