Profesi guru itu mulia, jadi penting kalau ada perlindungan untuk guru. Segera Berlakukan UU Perlindungan Guru, Setujukah?

Asahberita.com - Masih inget dibenak kita, beberapa kasus yang mencoreng dunia pendidikan di Indonesia. Bagaimana kekerasan fisik yang menimpa guru di Sulawesi Selatan dan beberapa kasus pelaporan guru ke proses hukum, dengan alasan melanggar UU Perlindungan Anak. Hal ini, menunjukkan masih lemahnya perlindungan hukum bagi guru dalam menjalankan tugas profesionalitasnya.

Praktisi Pendidikan Mahmud menegaskan, era modernisasi saat ini guru harus mampu dituntut profesional dalam bidangnya. Yakni, dengan penerapan disiplin ilmu sesuai pada bidangnya. Sehingga, profesionalitas guru dapat dilihat pada kesesuaian bidang keilmuannya. “ UU Perlindungan Guru harus segera dibakukan. Namun jangan sampai tumpang tindih dengan payung hukum sebelumnya,” ujar Mahmud kepada indopos.co.id.

Hasil gambar untuk ketum pgri unifah rosyidi

Menurut Kaprodi PPKn Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan(STKIP) Kusuma Negara ini, UU yang baru tersebut harus lebih specifik. Artinya, mampu mengadopsi semua kebutuhan profesi guru. Kendati demikian, ditambahkan Mahmud UU Perlindungan Guru bisa saja disatukan dengan memberikan penguatan pada UU Guru dan Dosen. Sehingga, tidak akan menimbulkan polemik dualisme payung hukum. “ Kenapa UU Guru dan Dosen tidak diberikan penguatan saja,” tegasnya.

Regulasi baru tersebut, dikatakan Mahmud juga tidak hanya bisa mewakili kepentingan guru saja, tetapi bisa melihat pergeseran nilai-nilai di masyarakat saat ini. “ Dulu, ketika guru menghukum siswa karena tidak masuk sudah biasa, tapi sekarang itu tidak bisa diterapkan. Dan pergeseran nilai ini yang perlu diperhatikan,” katanya.



loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profesi guru itu mulia, jadi penting kalau ada perlindungan untuk guru. Segera Berlakukan UU Perlindungan Guru, Setujukah?"

Posting Komentar