Mendikbud : Tak Perlu "Seragam" Sekolah Biarkan Anak Jadi Diri Sendiri

Asahberita.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menginstruksikan agar tidak ada penyeragaman pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD). Pendidikan yang diberikan setiap anak tidak boleh seragam, melainkan sesuai dengan karakter dan kepribadian unik anak.

“Sekolah (di Indonesia) tak boleh seragam, termasuk PAUD,” kata dia di Kantor Kemendikbud, Jakarta.

Gambar terkait

Dia meminta guru PAUD membiarkan anak hadir dan tumbuh dengan kodratnya. Orang tua, kata dia, juga tidak perlu membentuk pribadi anak. Sebab, anak akan menghadapi tantangan sesuai zamannya, bukan zaman orang tua. “Biarkan anak jadi diri sendiri tak perlu diseragamkan,” jelasnya.

Mendikbud mengingatkan guru tidak boleh menganggap sikap nakal anak merupakan perilaku defensif. Guru harus menganggap sikap nakal merupakan bagian perjalanan hidup. “Jadikan kenakalan menjadi energi positif di anak, kalau diarahkan,” kata dia.

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu mengatakan kebinekaan merupakan kekayaan bangsa Indonesia sehingga tidak perlu ada upaya untuk menyeragamkan Indonesia. Justru, menurutnya, kebinekaan harus dikembankan untuk menjadikan Indonesia yang indah dan warna-warni.

Menurut dia, keberagaman tidak akan mengganggu cita-cita Indonesia. “Bukan sebaliknya dianggap hambatan, kemudian ada upaya menyeragamkan,” ujarnya.  

(Sumber : republika.co.id)

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.asahberita.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI..!!!
loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mendikbud : Tak Perlu "Seragam" Sekolah Biarkan Anak Jadi Diri Sendiri"

  1. kalo demikian berlakukan juga di di kantor kantor biar meriah

    BalasHapus