Mbah Bani, Santri Kiai Hasyim Berumur 128 Tahun yang Pernah Main Kelereng Bersama Kartini

Kepada Dutaislam.com, Mbah Bani mengaku pernah sowan juga ke Kiai Khalil Bangkalan Madura. Pertama kali ia nyantri di usia PAUD (3 tahunan), di pondok pesantren asuhan Kiai Kirom, Getaspejaten, Kudus. "Almarhum guru saya Kiai Kirom adalah murid Mbah Sirojuddin yang terkenal keramat waktu itu," ujar Mbah Bani.

Selama 12 tahun nyantri di Kudus, ia melanjutkan ke beberapa pondok pesantren di Jawa Timur hingga puluhan tahun. Di Pesantren Miftahul Huda, Blokagung, Banyuwangi, Mbah Bani pernah nyantri selama 12 tahun juga dibawah asuhan ayahanda KH Muktar Syafa'at, pendiri pesantren modern Darussalam, Banyuwangi.

Setelah dari Banyuwangi, ia lanjut ngaji ke Kediri dibawah asuhan Kiai Mahrus, Lirboyo. Di Lirboyo ini, Mbah Bani juga menjadi santri hingga 11 tahun. Lalu nyantri lagi ke Pesantren Tebuireng Jombang dibawah asuhan KH Hasyim Asy'ari langsung, selama tujuh tahun. Pernah pula mondok ke Cirebon di pesantren Habib Umar bin Isma'il bin Yahya, Arjawinangun yang disebut Mbah Bani sebagai Habib Umar Kanuragan.

Kembali ke Jawa Tengah, Mbah Bani masih nyantri lagi di Kajen (Pati), mondok di pesantren Mbah Salam, ayahanda KH Abdullah Salam, paman KH Sahal Mahfudz. "Pulang ke Jepara, saya ngabdi puluhan tahun ke ndoro Ali (Habib Ali) Mayong yang wafat tahun 1982," imbuh Mbah Bani yang pernah mukim di Karimunjawa bertahun-tahun dan berhasil mendirikan sekolah, masjid dan musholla di sana.  

"Saya tidak punya anak, tapi sudah nikah berkali-kali. Teman seangkatan saya sudah tidak ada semua. Wadon kuwi membuat tenang jika terus mau ngaji," pungkas Mbah Bani yang nyantri selama 48 tahun itu.

(sumber: dutaislam.com)

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.asahberita.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI..!!!
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mbah Bani, Santri Kiai Hasyim Berumur 128 Tahun yang Pernah Main Kelereng Bersama Kartini"

Posting Komentar