Inilah Permainan Kata Menjadikan Suasana Pembelajaran Dikelas Seru Dan Kondusif

Asahberita.com - Dunia anak-anak adalah bermain karena bermain merupakan satu kegiatan yang sangat disukai anak bahkan orang dewasa. Dengan bermain akan dapat menumbuhkan kreativitas. Bermain juga bisa sebagai media untuk mengeksplorasi keinginan dan cita-cita yang diidam-idamkan anak. Bermain dapat digunakan sebagai wahana untuk mentransfer ilmu pengetahuan. Bermain dapat menimbulkan semangat dan motivasi.

Dalam pembelajaran di Sekolah Dasar yang dihadapi guru adalah anak-anak dengan berbagai karakter dan keinginan yang selalu ingin bermain. Minat anak terhadap segala bentuk permainan sangat tinggi. Sebagai pengajar guru diharapkan dapat mengemas pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenanglan. Dengan bermain diharapkan pembelajaran yang berlangsung akan dapat menghasilkan proses yang berkualitas. 

Gambar terkait
Gambar Ilustrasi

Berikut akan dipaparkan dua buah permainan kata yang diimplementasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar kelasa empat. Permainnan ini dapat digunakan sebagai bahan apersepsi terutama untuk mengawali pembelajaran dengan tujuan dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Permainan ini dikembangkan untuk menerapkan linguistic dalam pembelajaran bahasa di Sekolah Dasar. Permainan yang pertama sengaja dirancang untuk menerapkan semantik dan pengajaran kosa kata dalam pembelajaran menulis. Permainan kedua penerapan sintaksis dalam pembelajaran menulis

Membentuk Kata dari huruf yang sama

Sebelum melakukan permainan perlu dijelaskan dulu kepada anak seputar permainan yang akan dipraktikkan. Permainan ini dapat diberi nama Putaran Huruf karena huruf-huruf dalam satu kata akan diputar sehingga putaran huruf tersebut akan menghasilkan kata baru dengan susunan yang berbeda dan masing-masing kata itu mempunyai makna yang berbeda pula. Misalnya: murah, rumah, harum, dan umrah.




loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Permainan Kata Menjadikan Suasana Pembelajaran Dikelas Seru Dan Kondusif"

Posting Komentar