Benarkah Pembantu Lebih Berharga dari Guru Honorer ?

Biaya Pendidikan Guru Vs Gaji Guru Honorer, Adilkah ?

Coba kita bayangkan berapa besar biaya pendidikan yang dikeluarkan seorang guru untuk dapat mengajar anak negeri. Dimulai dari  TK – SMA, bahkan biaya Perguruan tinggi selama 4 tahun saja penulis yakin sangat cukup untuk mendirikan sebuah usaha yang membuahkan hasil setiap bulannya.
Bukan hanya uang yang telah dikorbankan guru dalam mengenyam pendidikan, namun yang lebih penting dari itu justru adalah waktu. Tidak sedikit dari para guru yang menjadi minder bertemu dengan kawan-kawannya dibangku dulu ia mengenyam pendidikan, hal ini dikarenakan banyak kawan dari mereka yang dulu mengambil jurusan lain dari dirinya, kini setiap bulannya sudah memiliki gaji besar, bahkan saat ini dia sudah memiliki kendaraan roda 4 sendiri.

Sementara apa yang harus ia banggakan dari profesinya sebagai guru honorer ?, hanya untuk mengganti sepatunyapun ia benar-benar harus bisa hidup prihatin.
Diapun tak lagi bisa membanggakan harapannya dulu sewaktu di bangku kuliah, yaitu harapnnya untuk diangkat menjadi PNS. Banyaknya teman-teman seprofesinya yang telah mengabdi sangat jauh lebih lama dari dirinya membuat hidupnya semakin pesimis akan makna kepedulian pemerintah pada dunia pendidkan.

Pengabdian Pada Tuhan dan Negara yang Membuat Guru Honorer Bertahan

Meski penulis yakin banyak guru honorer yang bertahan sampai belasan bahkan puluhan tahun salah satu alasan kuatnya adalah harapan bisa diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun penulis juga yakin tidak sedikit guru honorer yang lebih memilih bertahan menjadi guru karena saking besarnya rasa pengabdian kepada Tuhan dan Negara.

Profesinya ingin ia jadikan sebagai ladang pahala dan ibadah. Bahkan kecintaan pada Negeri adalah salah satu alasan kuat ia menjadi guru.  Dua alasan inipulalah yang membuat penulis tetap  bertahan menjadi guru sampai sekarang. Meski pendapatan sebulan dari menjadi guru bisa kalah dari pendapatan penulis selama 3 hari saat berwirausaha , atau bahkan sehari saat dulu aktif menulis artikel dalam kegiatan lomba. Namun profesi guru ternyata lebih berharga dari sekedar uang.

Selain karena ibadah cinta penulis pada Negara, karena bagi penulis guru merupakan jabatan paling startegis untuk mengabdi pada Bangsa terutama memajukan Indonesia dimasa mendatang.



loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Pembantu Lebih Berharga dari Guru Honorer ?"

Posting Komentar